10 AKADEMI SEPAKBOLA TERBAIK DI DUNIA

Akademi adalah sumber dari permainan dalam banyak aspek. Beberapa tim sepakbola di dunia terlihat sedang sibuk menciptakan pemain masa depan mereka sendiri, bahkan beberapa diantaranya sangat bergantung pada pemain masa depan mereka. Apabila tim tersebut dapat mengatur dengan baik, maka sebuah akademi yang produktif dapat menjadi bagian yang sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang tim.

Untuk mengartikan sebuah akademi yang terbaik, anda harus mempertimbangkan volume pemain profesional di masa depan yang diproduksi dan kualitas individunya. Membangun sebuah akademi yang sukses sungguh tidaklah mudah. Beberapa tim contohnya telah menggelontorkan uang ratusan juta untuk menciptakan para pemain mudanya.

Dan tentu saja ditambah dengan fasilitas yang tepat, pembinaan dan perekrutan, semuanya harus disediakan guna menghasilkan bakat asli. Dalam filosofi sepakbola sekarang, tampaknya para tim-tim besar lebih suka membeli bakat jadi daripada meluangkan waktu untuk mengembangkan pemain mudanya. Akibatnya, tim-tim besar lebih mendominasi gelar, namun kenyataannya , sebuah akademi terbaik dapat memberikan suatu keuntungan yang luar biasa atas tim lain.
Dan berikut ini adalah 10 akademi sepakbola terbaik di dunia, diantaranya adalah :

1. Barcelona

Akademi terbaik di dunia sepakbola saat ini adalah Barcelona. Biasanya dikenal sebagai ‘La Masia’ atau ‘The Farmhouse’ adalah akademi terkemuka di dunia selama lebih dari satu dekade. Pada tahun 2012, Barcelona memasukkan 11 pemain dari akademi mereka dan ketika Spanyol memenangkan ajang Piala Dunia 2010, 7 dari 11 pemain tersebut telah menekuni pertandingan di La Masia.

Produk asli La Masia yang terkenal adalah Carles Puyol, Xavi, Pepe Reina, Victor Valdes, Mikel Arteta, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, Thiago Motta, Gerard Pique, Sergio Busquets, Bojan, Pedro, Jordi Alba, Giovani dos Santos, Sergi Roberto, Cristian Tello, Gerard Deulofeu, Marc Bartra dan Thiago Alcantara. Tetapi anda jangan lupa, Lionel Messi adalah produk terbaik yang pernah dihasilkan akademi La Masia. Kelebihan Messi seperti keseimbangan, bakat, keterampilan, visi, passing dan dribbling semuanya tercermin dalam filosofi La Masia dan tidak diragukan lagi jikalau Messi merupakan perwakilan mereka yang paling sempurna.

2. Bayern Munchen

 border=

Kekuatan klub Jerman, Bayern Munchen begitu terkenal di dunia. Dan salah satu hal yang menempatkan raksasa Bundeliga ini ke tingkat teratas adalah dominasi dan kemampuan memikat pemain terbaik dari para pesaingnya. Dalam beberapa tahun terakhir, Munchen memiliki salah satu akademi terbaik dalam dunia sepakbola. Para pemain terkenal yang merupakan lulusan asli akademi Munchen ialah Bastian Schweinsteiger, Philipp Lahm, Holger Badstuber, Thomas Muller, David Alab, Gianluca Gaudino, Owen Hargreaves, Emre Can, Toni Kroos, Mats Hummels, Dietmar Hamann dan Diego Contento.

3. Sporting Lisbon

Sejak keberhasilan mereka menciptakan seorang Luis Figo pada tahun 1989, Sporting telah dikenal menjadi tempat pusat bakat sepakbola pemain muda Portugal. Rui Patricio, Eric Dier, Nani, Simao, Jao Moutinho, Miguel Veloso, Ricardo Quaresma, Silvestre Varela, Beto, Jose Fonte, Luis Boa Morte, Luis Figo, dan Nene adalah beberapa bakat terbaik yang muncul dari akademi Sporting.

Namun produk muda mereka yang paling menonjol adalah Cristiano Ronaldo. Megabintang Real Madrid ini telah memenangkan Ballon d’Or sebanyak 3 kali dan bermain 25 kali untuk Sporting sebelum bergabung ke Manchester United pada usianya yang ke 18.

4. Ajax

Johan Cruyff, Frank Rijkaard, Dennis Bergkamp, Frank dan Ronald de Boer, Edgar Davids, Clarence Seedorf dan Patrick Kluivert adalah para pemain lulusan asli akademi Ajax. Tidak banyak yang mengetahui jikalau Ajax memiliki salah satu akademi terbaik di dunia sepakbola. Produk pemuda yang baru-baru ini mereka tampikan adalah Rafael van der Vaart, Wesley Sneijder, John Heitinga, Nigel de Jong, Maarten Stekelenburg, Ryan Babel, Daley Blind, Urby Emanuelson, Christian Eriksen, Siem de Jong, Thomas Vermaelen, Gregory van der Wiel dan Jan Vertonghen.

5. Southampton

Banyak yang bingung mengapa saya memasukkan klub Southampton ke tempat kelima dalam daftar kali ini, tetapi jika kita melihat beberapa produk pemain muda terbaru mereka saat ini, saya yakin anda semua akan setuju mengapa Southampton berada di tempat kelima.

 border=

Contoh seperti megabintang Gareth Bale yang merupakan jebolan asli akademi Southampton yang kini membela klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Selain Bale, nama-nama seperti Adam Lallana, Alex Oxlade-Chamberlain, Theo Walcott, Lukas Shaw dan James Ward-Prowse adalah pemain berbakat yang pernah diproduksi di St.Mary. Tampaknya saat ini akademi Southampton sedang memfokuskan diri guna menciptakan bibit-bibit berkualitas agar dapat menghasilkan keuntungan yang besar di masa depan.

6. Santos

Klub Santos selalu menjadi klub besar yang telah memberikan sejumlah pemain terbaik untuk timnas Brazil dan Pele adalah contoh yang paling jelas. Setelah memproduksi Pele, Santos kian gencar menghasilkan pemain-pemain terbaik mereka. Nama-nama pemain seperti o, Alex, Diego, Robinho, Ganso dan Andre semuanya menjadi bintang di timnas Brazil dan bibit paling terbaik mereka adalah Neymar Jr. Pemain 23 tahun ini sudah membuat 62 caps dan menyarangkan 43 gol bagi timnasnya, sungguh sebuah prestasi yang sangat mengejutkan.

7. Clairefontaine

Clairefontaine adalah salah satu dari 12 akademi di Perancis yang dibawah pengawasan Federasi Sepakbola Perancis. Akademi ini terletak di luar kota Paris dan disebut-sebut sebagai akademi sepakbola tersukses di Perancis selama dua dekade terakhir. Akademi yang didirikan pada tahun 1988 telah menghasilkan nama-nama pemain terbaik seperti Nicolas Anelka, Hatem Ben Arfa, Abou Diaby, Sebastien Bassong, Mehdi Benatia, William Gallas, Louis Saha dan terutama Thierry Henry. Akedemi Clairefontaine mulai mengembangkan pemain dari usia 13 sampai 15 tahun sebelum akhirnya mereka dipindahkan ke sepakbola profesional dan terbukti sukses.

8. Sao Paulo

Klub tersukses dalam sejarah sepakbola Brazil, Sao Paulo telah melahirkan beberapa pemain paling berbakat di Amerika Selatan. Timnas Brazil pada umumnya akan mengambil setidaknya 3 atau 4 produk mereka untuk dimasukkan ke dalam timnasnya. Lulusan terbaik dari akademi Sao Paulo adalah legenda AC Milan, Kaka yang kini membela salah satu klub di MLS. Para produk asli mereka yang baru-baru ini terkenal adalah Hernanes, Jean, Oscar, Lucas Moura, Cafu, Denilson dan Rogerio Ceni.

9. Feyenoord

Tonny Vilhena dan Jordy Clasie adalah dua pemain sepakbola yang merupakan masa depan timnas Belanda hasil ciptaan asli akademi Feyenoord. Selain mereka, para pemain bintang lainnya yang pernah dihasilkan oleh Feyenoord adalah Robin van Persie, Jonathon de Guzman, Leroy Fer dan Bruno Martins Indi yang merupakan punggawa timnas senior Belanda saat ini.

10. Schalke

Sejak menelan kekalahan dengan skor telak 5-1 dari Inggris pada tahun 2001 silam, para generasi sepakbola di negara Jerman sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kemenangan mereka di ajang Piala Dunia 2014 adalah bukti keberhasilan timnas Jerman yang telah didasarkan pada kinerja para pemain mudanya di Bundesliga. Tidak ada satupun tim di Jerman yang mempunyai akademi terbaik selain FC Schalke 04. Sang jawara Jerman 7 kali ini telah berhasil menciptakan pemain terkenal seperti Manuel Neuer, Benedikt Howedes dan Mesut Ozil.